fbpx
Connect with us

Benang Merah

Alasan Dibalik Pergantian Nama Kota Jakarta Sebanyak 13 Kali

Bundaran HI, sumber: okezone.com

Tahu gak sih kalau kota Jakarta yang sedang berulang tahun hari ini ternyata sudah berganti nama sebanyak 13 kali? Sejak menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14 hingga sekarang, jakarta sudah berkali kali ganti nama. Awalnya pada tahun 1522 kota Jakarta bernama Sunda Kelapa. Kota ini dibangun untuk membangun perkantoran dan perumahan yang dilengkapi benteng saat bangsa Portugal menjalin kekuasaan dengan Kerajaan Pajajaran.

Sesudah itu, tanggal 22 Juni tahun 1527 pasukan Demak dan Cirebon menyerbu Portugis untuk menguasai Sunda Kelapa dan menang berjaya atas hasil perjuanganya. Hal inilah yang menyebabkan Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta yang berarti kota kejayaan. Pada tahun 1942, pendudukan Jepang membuat nama Batavia dubah menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Lalu setelah Jepang menyerah kepada sekutu, namanya menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.

Setelah beberapa lama, Jakarta diduduki oleh pemerintahan NICA, namanya menjadi seperti dulu, Stad Gemeente Batavia. Lalu, diubah kembali menjadi Kota Praja Jakarta. Seiring waktu berganti, pemerintah akhirnya mengeluarkan sebuah UU yang merubah namanya menjadi Jakarta.

Nah sekarang sudah tahu kan ezeFriends asal mula nama Jakarta dan mengapa berganti sebanyak 13 kali. Yuk, buat kamu warga Jakarta mari tunjukkan rasa peduli dengan mengenal lebih dalam sejarah Jakarta sebagai ibu kota Indonesia :).

Nikmati berbagai penawaran menarik di merchant-merchant Ezeelink dengan menukarkan ezeepoints dari sekarang. Klik disini untuk download Aplikasi Ezeelink dan cek promo-promo menarik lainnya segera.

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center