fbpx
Connect with us

Benang Merah

Asal Usul dan Sejarah Tradisi Mudik Selama Lebaran

Tak terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan usai, kini tiba saatnya bagi kamu yang ingin merantau untuk mudik ke kampung halaman. Memasuki lebaran, istilah mudik sering kita dengar sebagai waktu bagi kita untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga, saudara yang jarang bisa dilakukan selama satu tahun. Tapi, apa kamu tahu alasan dibalik penggunaan kata mudik ini? Kali ini Icha akan share asal-usul tentang kata mudik. Yuk simak bareng-bareng:

1. Asal-usul Mudik. Ternyata kata mudik berasal dari bahasa Jawa Ngoko. Kata mudik merupakan singkatan dari ‘mulih dilik’ yang artinya adalah pulang sebentar. Tapi, seiring perkembangan, makna kata mudik ini memiliki arti lain dari kata ‘udik’ yang  berarti kampung atau desa. Makanya, orang melakukan mudik ketika mereka ingin kembali ke kampung halamannya.

2. Awal mula tradisi mudik. Tau gak sih kalau mudik sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman Majapahit. Dulu, para perantau ingin pulang ke  kampung halaman untuk membersihkan makan para leluhurnya supaya mereka memperoleh banyak rezeki. Setelah berkembangnya zaman, banyak orang datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Saat mereka mendapatkan libur panjang, momen lebaran dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halamana dan berkumpul dengan keluarganya.

3. Mudik selalu identik dengan lebaran. Pada dasarnya, puncak pencapaian ideal ibadah puasa berarti kembali ke asal atau kepulangan seseorang tanpa dosa. Nah, mengingat puasa selalu ditutupi dengan idul fitri, kepulangan ini diartikan juga dengan tradisi bersalaman antartetangga, sahabat, atau kerabat di bulan yang penuh suci.

Itu tadi asal usul dan sejarahnya seputar kata mudik. Kalau kamu ingin pulang kampung pastikan untuk membawa barang seperlunya dan gunakan tas atau koper yang simple untuk sempurnakan perjalanan mudik, seperti di bawah ini:

Rolling Duffel, World Traveller

 

Lengkapi perjalanan mudik kamu dengan beli koper kece di World Traveller dan dapatkan Primer Club International Card untuk setiap minimum pembelanjaan Rp 1.000.000. Buruan,  klik disini untuk download Aplikasi Ezeelink dan cek promo-promo menarik lainnya disini. Semakin banyak kumpulin ezeepoints, semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan disini!

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center