fbpx
Connect with us

Benang Merah

Asal Usul Munculnya Ulang Tahun Jakarta

Monas, sumber: netralnews.com

Tak terasa ya ezeeFriends tepatnya hari ini 22 Juni 2018 kota Jakarta sudah berusia 491 tahun. Di usianya yang sudah tak muda lagi, Jakarta tentu mengalami berbagai perkembangan dan perubahan di tengah kehidupan masyarakat. Kemacetan, banjir, kiriminalitas, pembangunan MRT, gaya hidup masyarakat berubah seiring waktu kian menggoreskan aneka macam kisah di tempat ini.

Penetapan Hari Jadi Jakarta yang dulu dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia adalah istilah yang mengarah pada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Wali kota Jakarta yang menjabat sampai tahun 1960. Sudiro sejak dulu ingin sekali agar warga Jakarta dapat merayakan ulang tahun kota-nya dengan meriah setiap tahun. Paling tidak ada perayaan yang dinikmati bersama oleh semua orang yang menjadi penduduk Jakarta. Tahun 1954, ia meminta pendapat dari beberapa ahli sejarah, seperti: Mohammad Yamin, Sudarjo Tjokrosisworo (wartawan senior) dan Mr. Dr. Sukanto untuk menelusuri hari berdirinya kota Jakarta. Kemudian, Sudiro membacakan naskah yang diberikan Sukanto berjudul “Dari Jayakarta ke Jakarta” pada 22 Juni 1527 sebagai Hari Jadi Kota Jakarta.

Penetapan 22 Juni sebagai Hut Jakarta itu terjadi karena Fatahillah berhasil merebut Sunda Kelapa saat melakukan pertarungan sengit dan menguasai wilayah tersebut. Pada saat itu, ia mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. Nama itu berarti kemenangan yang tercapai dan diubah pada 22 Juni 1527. Mengingat momen itu berlangsung tanggal 22 Juni, maka ditetapkanlah sebagai hari lahirnya Kota Jakarta.

Itu tadi sedikit ulasan tentang asal usul Hari Kota Jakarta. Untuk memeriahkan perayaan ini kamu juga bisa melakukan berbagai hal seru untuk mengenal lebih dekat agar semakin cinta kota Jakarta, seperti kuliner makanan khas Jakarta atau bagi-bagi minuman atau makanan kepada warga Jakarta yang berkekurangan.

Gado-gado Pandan Village

Mango smoothie, Chatime

 

Yuk rayakan Hut Jakarta ke 491 dengan cobain Gado-Gado di Pandan Village dan dapatkan cashback eVoucher Rp 100.000 untuk setiap transaksi minimum Rp 100.000,-.  Kamu juga bisa berbagi minuman dengan sahabat menggunakan eVoucher Chatime diskon 50 persen +  5.000 cashback poin yang bisa ditukar untuk beli chatime lagi!! Buruan, tinggal Klik disini untuk download Aplikasi Ezeelink dan cek promo-promo menarik lainnya segera.

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center