fbpx
Connect with us

Benang Merah

Dampak Buruk Terlalu Lama Menggunakan Earphone

earphone
Mendengarkan musik menggunakan earphone, sumber: journal.sociolla.com

Earphone menjadi salah satu barang wajib yang dibawa kemanapun kita pergi. Barang ini sudah menjadi pelengkap kebutuhkan untuk menghibur diri atau menenangkan pikiran sambil dengar musik. Misalnya, muncul lagu baru salah satu Girlband K-Pop, BlackPink yang beberapa bulan ini meluncurkan single baru mampu menyita perhatian dunia musik. Hal ini membuat kamu tentu ingin mendengar musik dimanapun menggunakan earphone. Tapi tahukah kamu apabila terlalu sering menggunakan earphone bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Seperti apa saja dampak burukya? Yuk baca selengkapnya di bawah ini ezeefriends:

  • Dapat menyebabkan numb ear dan ear-ache

Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang sering menggunakan earphone ataupun headphone dalam rentang waktu yang lama seringkali mengalami numb ear. Ini dapat terjadi saat telinga kamu kehilangan kemampuan untuk mendengar dalam beberapa waktu sebelum akhirnya kembali berfungsi dengan normal. Hal ini penting untuk tidak diabaikan karena bisa menyebabkan kamu menjadi tuli. Selain ear numb, ada juga kondisi yang disebut dengan ear-ache. Penderita ear-ache merasakan rasa sakit pada beberapa titik di telinga dan mengalami telinga berdengung.

  • Kerusakan Pada Otak

Ternyata rutin menggunakan earphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan otak. Gelombang elektromagnetik yang mengalir dari earphon ini terhubung langsung dengan otak yang memicu infeksi pada bagian telinga dan berpengaruh terhadap otak.

  • Mudah Membuat Kuman Masuk ke Telinga

Earphone merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi.Hal ini terjadi  karena earphone merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan jarang mengalami pembersihan. Ketika kamu memakai earphone terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteri akan bebas masuk ke dalam tubuh melalui telinga. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan seperti peradangan pada telinga.

  • Telinga Mengalami Kelelahan

Beberapa orang yang suka menggunakan audio menyebut hal ini dengan istilah ear fatigue. Ya, kelelahan telinga merupakan kondisi  telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Selain itu, dapat menyebabkan telinga kita menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

Melihat berbagai dampak buruk terhadap penggunaan earphone tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa membahayakan kehilangan pendengaran sehingga kamu tidak bisa beraktivitas dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus mulai batasi penggunaan earphone atau tidak menyetel volume terlalu tinggi. Jika sudah terlanjur mengalami infeksi pada telinga, kamu bisa menggunakan Tarivid Otic. Obat ini mengandung Ofloxacin yang baik mengobati infeksi bakteri pada telinga. Kamu juga bisa menggunaakn Huki Cotton Bud untuk membersihkan kotoran atau kuman di telinga usai pakai earphone.

Beli Tarivid Otic dan Huki Cotton Bud di K 24 Klik untuk kesehatan telinga kamu. Tukarkan muali dari 1.000 poin dan dapatkan berbagai produk kesehatan yang diinginkan. Yuk, klik disini untuk download Aplikasi Ezeelink dan cek promo-promo menarik lainnya disini. Semakin banyak kumpulin ezeepoints, semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan disini

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center