fbpx
Connect with us

Benang Merah

Manfaat Terapi Pijat Bagi Ibu Yang Sudah Melahirkan

melahirkan
Ibu yang sudah melahirkan, sumber: lifestyle.kompas.com

Usai melakukan proses persalinan, tentu para bunda menghabiskan banyak energi. Salah satu cara untuk mengembalikan tenaga yang hilang dengan melakukan terapi pijat atau urut. Ya, terapi pijat menjadi cara yang digemari wanita setelah hamil. Ternyata alasan banyak wanita ingin melakukan pijat usai melahirkan karena dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya.

Beberapa manfaat dari pemijatan bagi para ibu setelah melahirkan antara lain; dapat membantu relaksasi, mengurangi stres, mengurangi nyeri tubuh, membantu menyeimbangkan hormon tubuh dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu pijat juga dapat meredakan trauma pada dasar panggul, otot abdomen yang meregang dan memperbaiki postur tubuh.

Bagian tubuh yang dapat dipijat usai proses persalinan dapat dilakukan dari tangan, kaki dan kepala. Sedangkan untuk perut, hendaknya dilakukan setelah 40 hari pascamelahirkan. Tetapi, jika ibu melakukan persalinan caesar, tidak disarankan untuk memijat perut atau daerah yang luka selama 3-4 bulan pertama pascamelahirkan. Pemijatan bagi wanita yang caesar dapat dilakukan saat luka sudah mulai kering.

Pentingnya melakukan pijat bagi wanita usai melahirkan. Ini dikarenakan wanita mudah mengalami masalah perubahan fisik seperti otot yang melemah, pengeluaran air susu tidak teratur, masalah pada peredaran darah, trauma dasar panggul dan sebagainya.

Hal ini pun dikatakan oleh Ahli fisioterapi, Wiwit Azmi Lestari, AMF, SE, DIPL. CIDESCO, mengemukakan bahwa wanita itu perlu melakukan perawatan tubuh saat masa nifas. Masa nifas dimulai usai melahirkan hingga enam minggu setelahnya. Alat genetalia pulih kembali seperti sebelum kehamilan dalam waktu tiga bulan. Usai melahirkan wanita akan merasa lelah karena energi yang terkuras untuk mengeluarkan bayi memakan waktu lama dan keringat. Tak hanya itu, perempuan harus tidur terlentang selama delapan jam post partum untuk mencegah terjadinya pendarahan. Sesudah itu, perempuan baru dapat memposisikan tubuh miring ke kanan dan kiri agar mencegah trombosis.

Terkait hal ini, mimin mengulas sedikit salah satu contoh perempuan yang memerlukan perawatan pijat yaitu Kahiyang Ayu, putri  Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo. Ayu baru saja menjalani proses persalinan dengan operasi caesar di Rumah Sakit YPK Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (31/7). Operasi caesar ini menjadi metode melahirkan yang gemar dilakukan masa kini. Karena operasi caesar lebih mudah dan tak semenyakitkan operasi normal. Melihat ini, Kahiyang perlu melakukan terapi pijat untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan tenaganya. Pijat ini pun baik untuk memperlancar ASI para bunda.

Well, itulah ulasan seputar manfaat dari terapi pijat bagi para bunda yang baru bersalin. Yuk para ladies kalau kamu punya kerabat yang sudah melahirkan, jangan lupa ajak mereka untuk melakukan treatment pijat.

Cobain massage dan spa di Kalea Spa untuk para ibu yang baru melahirkan. Tukarkan juga 20.000 poin untuk nikmati perawatan Aromatic bath di merchant kami segera. Yuk, klik disini untuk download Aplikasi Ezeelink dan cek promo-promo menarik lainnya disini. Semakin banyak kumpulin ezeepoints, semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan disini!

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center