fbpx
Connect with us

Uncategorized

Suka Menyanyi Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

bernyanyi
Menyanyi, sumber: www.merdeka.com

Kamu suka bernyanyi? Pas banget nih ternyata kalau kamu sering bernyanyi dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini dibuktikan sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Helsinski, Finlandia. Penelitan ini menemukan hubungan antara menyanyi dan demensia. Studi tersebut menemukan bahwa orang lanjut usia dengan gejala demensia ringan mengalami perbaikan dalam memori kerja setelah menerima 10 minggu pelatihan musik.

Penelitian ini melibatkan sekitar 89 orang dari berbagai tingkat demensia dengan memperoleh pelatihan musik. Bentuk kegiatan pembinaan musik yang dilakukan seperti menyanyi dan mendengarkan lagu yang rutin didengar setiap orang. Hasil ini menunjukkan bahwa bernyanyi sangat bermanfaat untuk kerja memori manusia termasuk para demensia. Ingatan atau memori akan kembali meningkat dan memperbaiki gangguan pada otak si demensia.

Penderita demensia cenderung memiliki cara berpikir, cara ingatan yang lebih lambat. Ini terjadi karena otak mengalami gangguan yang membuat fungsional pada otak tidak bekerja dengan baik. Meskipun biasanya penderita demensia terjadi pada usia 65 tahun, namun peristiwa ini bisa dialami umur di bawah tersebut.Memburuknya penyakit alzheimer berlangsung secara perlahan, 8-10 tahun. Para penderita ini biasanya menunjukan gejala seperti kesulitan untuk mencari kata-kata yang tepat saat berbicara atau mudah lupa. Mengerikan sekali bukan? Nah, kini tak perlu khawatir karena menyanyi bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi gangguan otak tersebut.

Selain itu, bernyanyi bisa mengurangi depresi seseorang. Saat bernyanyi, tubuh akan menghirup oksigen yang masuk ke dalam darah dan akan memberikan sinyal otak untuk melepaskan suasana hati. Jika kamu mencoba bernyanyi di tempat karaoke atau nyanyi bersama dengan teman bisa melepaskan zat kimia yang membangkitkan mood lebih semangat. Karena saat bernyanyi dengan orang lain membuat diri merasa aman dan lebih percaya diri sehingga hati menjadi lebih tenang.

Jika kamu merasa sedang stress atau tubuh ingin lebih relax, alangkah baiknya mendengarkan lagu dengan alunan yang lembut seperti klasik. Faktanya, beberapa peneliti mengungkapkan musik klasik bisa meransang otak si janin dalam perut ibunya sehingga si anak menjadi cerdas.

Untuk kamu yang ingin membuat detak jantung berjalanan dengan baik, bisa banget mendengar lagu Pop. Jenis lagu Pop yang sudah menjadi paling diminati banyak orang ini bisa mengontrol denyut jantung menjadi lebih teratur. Sedangkan, bagi orang yang ingin lebih bersemangat dalam beraktivitas bisa mendengar lagu Rock.

Well, itulah ulasan seputar manfaat dari bernyanyi bagi kesehatan otak. Sebagus atau seburuk apapun suara jangan pernah malu untuk mengeluarkannya, ezeefriends. Jika kamu sering membiasakan diri untuk bernyanyi tentu baik untuk otak yang berpengaruh positif dalam memyimpan banyak memori. Tak hanya itu saja, musik yang kita dengar setiap hari juga memiliki pengaruh besar sesuai jenisnya.

Tanpa nyanyian dan alunan musik dunia akan terasa seperti sayur tanpa garam.

0 Users (0 votes)
How many stars is shinning?
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

F.A.Q

Advertisement

Promo launching new ezeelink app versi II #promo #promotion #launching #app #new

A post shared by Ezeelink (@ezeelink) on

e

COMMON WORDS USED

Our Facebook Fanpage

Copyright © 2018 ezeelink Indonesia. Download ezeelink app, untuk mendapatkan harga exclusive.

WhatsApp chat Call Center